Mengenal 8 Nama-Nama Surga yang Disebutkan Dalam Al-Qur’an

DAARUTTAUHIID.ORG | Surga merupakan sebuah tempat yang banyak disebutkan di dalam Al-Qur’an. Surga dijanjikan bagi hamba-hambanya yang bertaqwa dan sesuai amalan seseorang. Ada beberapa nama surga yang menjelaskan bagaimana keindahan dan kebahagiaan yang akan didapatkan oleh penghuni surga.

Berikut merupakan nama-nama surga yang disebutkan di dalam Al-Qur’an diantaranya ialah:

Pertama, Surga Firdaus. Surga Firdaus merupakan surga yang paling tinggi dan mulia. Hal ini disebutkan dalam Al-Qur’an, Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal.” (QS. Al-Kahfi: 107).

Surga Firdaus diperuntukan untuk para nabi, syuhada, dan orang-orang yang saleh. Allah SWT juga memerintahkan kita untuk meminta surga Firdaus dalam doa kita.

Kedua, Surga And. Surga Adn ialah salah satu nama surga yang diuraikan dalam Al-Qur’an. Dalam Surah At-Taubah ayat 72, Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga ‘Adn. Dan keridhaan Allah adalah lebih besar, itu adalah keberuntungan yang besar.”

Allah Ta’ala menciptakan surga ini dari intan putih. Surga Adn diibaratkan sebagai tempat yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan, di mana penghuni akan tinggal selamanya.

Ketiga, Surga Na’im. Surga Na’im merupakan surga yang menggambarkan kenikmatan dan kebahagiaan. Di surga Na’im, penghuni akan merasakan segala kenikmatan, mulai dari makanan, minuman, hingga tempat tinggal yang nyaman.

Surga ini tercipta dari perak putih. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Surah Luqman ayat 8, Allah Ta’ala berfirman yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, baginya surga-surga yang penuh kenikmatan.”

Keempat, Surga Ma’wa. Surga Ma’wa merupakan tempat yang sangat nyaman dan menjadi tempat tinggal yang abadi bagi penghuninya.

Kelima, Surga Darussalam. Surga Darussalam adalah surga yang penuh dengan keselamatan dan kedamaian. Surga ini terbuat dari yaqut merah. Allah Ta’ala berfirman dalam Surah Al An’am ayat 127 yang artinya:

“Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dialah pelindung mereka karena apa (amal kebajikan) yang mereka kerjakan.”

Keenam, Surga Muqamah. Darul Muqamah adalah surga yang berkilauan seperti permata putih yang diberikan kepada hamba Allah yang hatinya selalu bersyukur dan menebar kebaikan.

“(Dia) yang menempatkan kami di tempat yang kekal (surga) dengan karunia-Nya. Di dalamnya kami tidak lelah dan lesu.” (Al-Fatir: 35)

Ketujuh, Maqamul Amin. Tingkatan ketujuh dari nama-nama surga adalah Maqamul Amin. Surga ini disediakan oleh Allah Ta’ala bagi hamba-hamba-Nya yang benar-benar bertakwa.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman” (QS. Adh-Dukhan: 51).

Kedelapan, Surga Khuldi. Surga Khuldi adalah surga yang abadi dan tidak ada akhir. Surga ini diciptakan dari marjan merah dan kuning. Dalam Surah Al-Furqan ayat 15, Allah Ta’ala berfirman:

“Katakanlah (Nabi Muhammad), “Apakah (azab) seperti itu yang baik atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa sebagai balasan dan tempat kembali bagi mereka?”

Demikianlah uraian mengenai nama-nama surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang beriman dan taat menjalankan perintah Allah Ta’ala. semoga kita digolongkan menjadi orang-orang yang bertaqwa.