Seru, Siswa SMP DTBS Putra Telusuri Tradisi Jawa Barat

DAARUTTAUHIID.ORG | BANDUNG – SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putra menyelenggarakan kegiatan City Tour bagi seluruh siswa kelas 7, Kamis (3/10/2024). Para siswa menyambut antusias kegiatan tersebut. Adapun destinasi yang dikunjungi ialah Durcing Karuhun dan Komunitas Hong, Bumi Herbal Dago, Bandung.

Bertajuk “Sang Penjaga Budaya : Petualangan Melindungi Warisan Tradisional”, seluruh agenda pada kegiatan tersebut  berisi tentang pengenalan budaya maupun tradisi Jawa Barat kepada para peserta. Adapun rangkaian antivitas yang diikuti oleh peserta diantaranya menonton pertunjukan tradisional Jawa Barat; membuat dan mencoba permainan tradisional; pematerian dan pembuatan makanan dan obat-obatan tradisional;  serta membuat ornamen kesenian.

Erlangga, Ketua Pelaksana City Tour SMP DTBS Putra mengatakan, pelaksanaan kegiatan itu dalam rangka mengaplikasikan Kurikulum Nasional yakni Projek Penguatan Profi Pelajar Pancasila (P5). Para siswa tampak ceria ketika mengikuti sesi demi sesi pertunjukan. Hal ini menunjukkan ketertarikan peserta akan budaya tradisional Jawa Barat.

“Baik, kegiatan ini dalam rangka mewujudkan program sekolah dan merupakan realisasi dari P5 dengan tema kearifan lokal, yang kami kolaborasikan dengan kegiatan city tour,” terangnya.

Erlangga menyampaikan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut ialah untuk mengenalkan budaya Jawa Barat serta upaya melestarikannya kepada seluruh peserta didik.

“Tujuannya diselenggarakan kegiatan ini antara lain, untuk menelaah proses pelaksanaan kesenian jawa barat serta upaya pelestarian budayanya, menelaah ragam permainan tradisional dan produk kerajinan tangan. Sementara itu, tujuan lainnya ialah untuk menelaah beragam jenis tanaman obat tradisional serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan karakter dan keterampilan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan berkolaborasi para siswa,” imbuhnya.

Melalui kegiatan tersebut ia berharap para peserta (siswa SMP DTBS Putra) menjadi generasi yang mencintai dan dapat melestarikan budaya tradisional Indonesia.

“Baik, kami berharap pelaksanaan City Tour ini dapat menambah kecintaan peserta didik akan budaya tradisional Indonesia. Selain itu, kami juga berharap momen ini memberikan ilmu yang bermanfaat bagi para santri,” pungkasnya. 

Sumber: daaruttauhiid.sch.id