Aa Gym: Awas! Pinjol Itu Bukan Solusi, Tapi Menambah Beban

DAARUTTAUHIID.ORG | Sekarang ini lagi ramai yang namanya pinjol dan judol. Pinjaman online dan judi online, kalau sudah terjebak pinjaman online maka menjadi kewajiban kita untuk membayarnya, baik utang maupun ribanya.

Sebenarnya kalau kita kepepet, datang saja ke masjid dan tunaikan shalat sunah. Kemudian minta dan mohon pertolongan kepada Alloh Ta’ala. Alloh sangat memahami keperluan dan kebutuhan kita.  Tapi, kita harus yakin dengan pertolongan Alloh.

Kalau keperluan kita dihalang-halangi dan ditunda oleh Alloh, maka itu disebabkan karena dosa-dosa yang kita lakukan. Jadi sebelum minta kepada Alloh, maka mohon ampunlah atas dosa-dosa yang kita lakukan.

Jika dosa-dosa kita telah diampuni oleh Alloh, maka semua keperluan kita akan dicukupkan oleh Alloh Ta’ala. karena Alloh maha mengetahui tentang ekonomi, sosial, kesehatan, fisik, dan segala masalah yang sedang kita hadapi.

“Apabila Allah menghendaki kebaikan untuk hamba-Nya maka Dia akan menyegerakan untuknya hukuman di dunia. Dan apabila Allah menghendaki kejelekan untuk hamba-Nya maka Dia akan menahan darinya hukuman karena dosanya sehingga kelak di akhirat Dia akan menyempurnakan hukuman untuknya” (HR. Tirmidzi)

Berapa banyak orang yang diberi ujian sakit, tapi yang diingat pertama kali bukan Alloh. Malah yang diingat lebih dulu adalah obat, apoteker, dokter dan rumah sakit. Begitu juga ketika sedang mengalami kesulitan, yang diingat bukan Alloh, tetapi segala macam hal diingat yang semakin membuat diri semakin rumit.

Kalau kita sadari, sebenarnya pinjol itu adalah jebakan bagi kita. Yang tadinya berharap menjadi menjadi solusi, malah semakin menjadi beban.

Jadi, kalau kepepet datanglah kepada Alloh, berserah diri kepada Alloh, bukan pinjol yang membuat masalah kita semakin rumit. (KH. Abdullah Gymnastiar)