Berita
Asrama Tahfidz untuk Generasi Qurani

Asrama Tahfidz untuk Generasi Qurani
Setiap orang memiliki kemampuan berbeda, termasuk ketika akan berwakaf. Ada yang sekali berwakaf dengan nominal yang besar, namun juga ada yang rutin berwakaf dengan nominal yang terbatas.

Salah satu upaya yang dilakukan Wakaf Daarut Tauhiid (DT) dalam melahirkan generasi-generasi qurani adalah membangun asrama tahfidz. Terletak di kawasan Eco Pesantren, asrama ini diharapkan dapat melahirkan generasi-generasi yang tak hanya hafal al-Quran, tetapi juga mampu mengamalkan dan mengajarkannya kembali kepada orang lain.

Fahrudin, Direktur Utama Wakaf DT mengatakan, pembangunan asrama tahfidz adalah kesempatan emas bagi yang belum menghafalkan al-Quran 30 juz.

“Insya Allah, kita sedang membangun asarama santri tahfiz. Ini kesempatan kita yang belum menghafalkan al-Quran 30 juz, tapi kita menjadi jalan orang lain hafal al-Quran 30 juz,” katanya.

Fahrudin menambahkan, setiap orang memiliki kemampuan berbeda, termasuk ketika akan berwakaf. Ada yang sekali berwakaf dengan nominal yang besar, namun juga ada yang rutin berwakaf dengan nominal yang terbatas dalam hitungan manusia. Namun, bagi yang belum bisa berwakaf juga tidak perlu khawatir karena masih ada ladang amal lain yang dapat dilakukan, yakni dengan menjadi jalan kebaikan orang lain.

Menurutnya, dalam sebuah hadis, barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. Pahala tersebut, tambahnya, akan didapatkan tanpa mengurangi sedikit pun pahalanya.

“Jadi, kalau kita terlibat dalam kebaikan, kita dapat pahala kebaikan tersebut. Sama juga kalau kita terlibat dalam keburukan. Dari mulai yang mencatatnya, yang menjualnya, yang memasarkannya dapat dosa juga,” ujarnya.

Fahrudin menjelaskan, para santri yang menempati asrama tahfidz akan dididik menjadi guru yang mengajarkan al-Quran di mana pun mereka berada, sehingga menjadi generasi al-Quran yang kembali mencetak generasi Quran berikutnya.

Rencananya, asrama Tahfidz DT akan dibangun setinggi tiga lantai. Lantai satu didesain sebagai ruang serba guna. Sementara itu, lantai dua dan lantai tiganya dibangun menjadi barak atau asrama dengan kapasitas masing-masing 90 santri tahfidz.

Berdasarkan laporan rapat evaluasi pembangunan Eco Pesantren, pada Rabu (24/1), pembangunan fisik Asrama Tahfidz telah mencapai 16,31. Asrama Tahfiz akan dibangun setinggi tiga lantai untuk bangunan timur, sedangkan gedung utara akan dibangun setinggi dua lantai. Gabungan dari kedua gedung itu akan berbentuk hurup L.






Berikan Komentar Via Facebook
comments powered by Disqus

Berita Lainnya
Bahagiakan Veteran dengan Membangun Rumah Veteran
Bahagiakan Veteran dengan Membangun Rumah Veteran
Minggu, 04 Februari 2018
Untuk membahagiakan para veteran yang telah berjasa merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, DT Peduli bekerja sama dengan CIMB Niaga Syariah meluncurkan program “Bangun Rumah Veteran”.
DT Peduli Bekerja Sama dengan DT Berdaya Gelar ACM
DT Peduli Bekerja Sama dengan DT Berdaya Gelar ACM
Sabtu, 03 Februari 2018
Program ACM ke-55 telah digelar pada Jumat (2/2), di Masjid at-Taubah, Andir, Bandung. Acara berlangsung dengan lancar, dan disambut baik oleh warga sekitar.
Pesan Aa Gym dari Mesir
Pesan Aa Gym dari Mesir
Sabtu, 03 Februari 2018
Aa Gym berpesan untuk hijrah dari kebodohan kepada ilmu. Karena menurutnya, salah satu sumber kemuliaan dalam Islam adalah ilmu pengetahuan.
Khutbah Jumat Live di Masjid DT bersama Ustaz Solahudin
Khutbah Jumat Live di Masjid DT bersama Ustaz Solahudin
Sabtu, 03 Februari 2018
Aa Gym berhalangan hadir untuk mengisi khutbah Jumat. Maka, beliau digantikan oleh Ustaz Solahudin. Jamaah pun dengan khusyuk menyimak materi khutbah yang disampaikan.